Jumat, 28 Maret 2008

Jurnal Pembalik

Jurnal pembalik (pilihan) adalah metode akuntansi yang membalik jurnal penyesuaian khusus yang dibuat pada akhir periode lalu. Tidak semua jurnal penyesuaian perlu dibalik. Jurnal pembalik dibuat pada awal periode, dan menjadi jurnal untuk sisa transaksi rutin. Nilai yang digunakan dalam jurnal pembalik sama dengan nilai yang digunakan dalam jurnal penyesuaian. Ketetapan untuk menentukan apakah bisa atau tidak dibalik sebagai berikut: Setiap jurnal penyesuaian yang dibuat karena rekening harta atau kewajiban dapat dibalik.
Asumsi Judy Jones menerima gaji mingguan sebesar $500 ($100 per hari) dan hari Jum’at merupakan hari terakhir pada bulan Desember jatuh pada tanggal 27 Desember. Jurnal untuk mencatat pembayaran gaji pada hari Jum'at, minggu terakhir bulan Desember adalah:
Beban Gaji 500 Kas 500
Bagaimanapun, pada tanggal 31 Desember hutang gaji akrual harus dibuat pada hari Senin dan Selasa, tanggal 30 dan 31.
Beban gaji 200 Hutang Gaji 200
Sejak hutang gaji menjadi kewajiban dan dibuat dengan menggunakan jurnal penyesuaian, jurnal pembalik dibutuhkan pada awal Januari tahun berikutnya
Hutang Gaji 200 Beban Gaji 200
Sekarang, ketika gaji sudah dibayar pada Jum’at pertama bulan Januari, jurnal umum seperti biasa dibuat, yang akan menghasilkan pembagian yang tepat sebesar $500 antara bulan Desember dan Januari
Beban gaji 500 Kas 500
Harap dicatat bahwa tidak semua perusahaan memilih menggunakan jurnal pembalik
Sistem Komputerisasi
Agar laporan lebih dapat dipercaya dan memudahkan penyiapan berbagai jenis laporan keuangan dan laporan lainnya, banyak sistem akuntansi yang sudah terkomputerisasi. Sistem komputerisasi juga memudahkan dalam menggunakan jurnal khusus, seperti yang akan dibahas pada Bab 12.
Apakah sebuah sistem menggunakan komputer atau manual, bagaimanapun juga, komponen dasarnya adalah tetap. Transaksi harus di jurnal dan dibukukan (posted). Jurnal penyesuaian harus dibuat dan laporan keuangan harus disiapkan. Sistem komputer lebih cepat dan lebih mudah penggunaannya. Karena hal ini penting sekali bagi siswa akuntansi untuk mengerti komponen dasar dari sistem akuntansi, baik secara komputerisasi atau manual. Pada bahasan ini, kita fokuskan kepada sistem manual.
Elemen penting dalam sistem komputerisasi adalah adalah perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna. Setiap elemen dapat dibentuk untuk kebutuhan khusus dan kesatuan lingkungan.
ANDA HARUS TAHU
Siklus AkuntansiAnalisaJurnalPostNeraca PercobaanJurnal PenyesuaianNeraca percobaan disesuaikanPersiapan laporan KeuanganJurnal PenutupMenutup Neraca PercobaanJurnal Pembalik

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Dear Sir / Madam,

Apakah Anda lelah mencari pinjaman dan hipotek? atau ditolak oleh
bank dan lembaga keuangan lainnya? Ini adalah untuk memberitahukan Anda bahwa Fredrick Peterson
PINJAMAN FINANCAIL Perusahaan menawarkan semua jenis bunga kredit @ 3%.
Hubungi kami dengan informasi berikut agar kita dapat melanjutkan ke
langkah berikutnya.
Layanan kami meliputi:
* Personal Loans (Secure dan tidak aman):
* Pinjaman untuk bisnis (aman dan tidak aman):
* Student Loan:
* Hutang Konsolidasi pinjaman:
Kombinasi Pinjaman * Plus:
* Konstruksi pinjaman:
* Pinjaman Xmas (aman dan tidak aman):

Harap sediakan berikut ini:
Nama:
Alamat
Kota:
Negara:.
Country:.
Umur:
Gender:
Status
Pendapatan bulanan:
Occupation:
Telepon:
Telepon:
Jumlah pinjaman:
Duration:
Untuk keperluan kredit:
Jenis keamanan yang tersedia:

Salam
Mr Fredrick Peterson (Koordinasi Desk)
E-mail fredrickpeterson.loanfirm @ gmail.com